6 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Saat Pakai Hairdryer

Ada beberapa cara mengeringkan rambut yang bisa dilakukan setelah mandi, berenang atau keramas, bisa dengan diangin-anginkan, dibalut pakai handuk, pakai kipas angin, didiamkan saja sampai kering sendiri, atau yang paling sering adalah dengan menggunakan hairdryer. Khusus buat Anda yang memakai hairdryer untuk mengeringkan rambut, yuk simak 6 kesalahan penggunaan hairdyer yang justru malah bisa merusak rambutmu.

6 Kesalahan Saat Menggunakan Hair DryerKesalahan Menggunakan Hairdryer Ketika Mengeringkan Rambut

1. Pilihan Angin Hairdryer yang Tidak Tepat

Hairdyer pada umumnya bisa diatur suhu anginnya, apakah panas, sedang atau dingin/biasa, karena pengaturan angin pada hairdyer sebenarnya tergantung dari rambut Anda, kalau rambut Anda kasar dan tidak terlalu tebal cukup menggunakan angin yang sedang saja, dan ketika rambut sudah mengering Anda bisa menggunakan angin biasa/dingin agar rambut tidak terlalu mengembang setelah memakai hairdryer.

2. Langsung dikeringkan Sekaligus

Agar pengeringan rambut lebih baik hasilnya, sebaiknya hindari mengeringkan sekaligus ke seluruh bagian rambut, tapi lakukanlah pengeringan per-belahan rambut. Anda bisa mulai dari sisi kiri atau kanan rambut, mulai dari bagian samping wajah lalu ke sisi belakang kepala, dan jangan mengambil atau menggenggam rambut terlalu banyak ya agar proses pengeringan rambut tidak terlalu lama.

3. Rambut Masih Terlalu Basah

Ketika selesai mandi atau keramas, usap atau gosoklah rambut terlebih dahulu dengan handuk agar rambut tidak terlalu basah saat dikeringkan dengan hairdryer, karena bila rambut masih terlalu basah langsung dikeringkan dengan hairdryer akan membuat rambut jadi cepat dan mudah rusak akibat pemberian angin panas yang tiba-tiba.

4. Terlalu Sering Menggunakan Hairdryer

Terlalu sering menggunakan hairdryer berisiko merusak rambut akibat seringnya rambut terkena paparan udara panas yang keluar dari hairdryer. Untuk meminimalisir rusaknya rambut, sebaiknya gunakan lotion, hair mist atau vitamin khusus rambut yang berguna untuk melapisi rambut.

Namun jangan terlalu banyak juga ya memakai produk perawatan untuk rambut dalam waktu yang berdekatan (misal vitamin X digabung dengan lotion Y lalu kemudian ditambah minyak Z) karena hasilnya belum tentu akan lebih baik akibat bercampurnya aneka bahan kimia pada rambut Anda.

5. Sisir dengan Bahan Besi atau Logam

Besi atau logam adalah penghantar listrik dan panas yang baik, bila Anda menggunakan sisir dari bahan tersebut maka rambut akan terasa kering dan kasar akibat udara panas yang keluar dari alat pengering rambut mengenai sisir Anda yang terbuat dari logam, selain itu kulit kepala dan tangan pun akan terasa tidak nyaman karena merasakan panas berlebih yang disebakan berpadunya angin panas dari hairdryer dan sisir besi tersebut.

Baca juga : 5 Keajaiban Sisir Berbahan Kayu yang Belum Kamu Tahu

6. Menggunakan Hairdryer yang Sudah Berumur Lama

Tidak seperti makanan atau obat yang ada tanggal kadaluarsanya, pada hairdryer jelas tidak akan pernah ada keterangan sampai tanggal dan tahun berapa sebaiknya hairdryer bisa dipakai. Karena hairdryer yang sudah tua (tua dalam arti sering dipakai setiap hari selama kurang lebih dari 2 tahun) maka kemungkinan fungsinya sudah tidak akan terlalu baik alias menurun, misal udara atau angin yang dihasilkan akan terasa lebih panas.

Makin “sepuh” usia hairdyer maka biasanya semakin banyak pula kotoran atau debu yang melekat didalamnya, sehingga sebenarnya Anda justru menyemprotkan debu ke rambut Anda yang bisa jadi baru saja dibersihkan dengan cara keramas. Kalau sudah begini, jelas rambut akan jadi mudah rusak. Dan pada umumnya hairdryer akan bekerja dengan baik untuk durasi 600 jam hingga 800 jam pemakaian.

Nah itulah beberapa kesalahan yang biasanya dilakukan saat seseorang menggunakan hairdryer. Menggunakan alat untuk membantu mengeringkan rambut boleh boleh saja, tapi tetap harus diperhatikan ya jumlah atau frekuensi pemakaian dan cara memakainya agar rambut tidak gampang rusak.

 

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!