7 Tips Agar Anak Tidak Rewel Saat Cukur Rambut

Mengajak anak mencukur rambut mungkin bukan hal yang mudah bagi orang tua. Biasanya akan terbayang kondisi anak yang menangis atau bahkan meronta-ronta karena merasa takut, walaupun sebelum berangkat ke tempat cukur, bisa jadi sang ayah atau ibu sebenarnya sudah memberitahukan ke anak supaya tidak menangis saat dicukur, namun terkadang fakta dilapangan berbeda dengan bayangan, alias tetap menangis. Ada yang punya pengalaman yang sama  ? 😀

Tips Agar Anak Tidak Rewel Saat Cukur R

Hal itu bisa jadi karena suasana dalam salon yang penuh dengan benda-benda yang tampak asing bagi dirinya, seperti gunting, sisir, kaca berukuran besar, dan berbagai perlengkapan tata rambut lainnya. Tapi Anda tidak perlu risau lagi, karena dalam artikel ini myrambutsehat akan memberikan tips mudah agar anak tetap anteng ketika rambutnya sedang dicukur.

1. Evaluasi Proses Cukur di Salon Sebelumnya

Beda salon jelas beda suasananya, kalau di salon sebelumnya sang anak sangat rewel ketika dicukur bisa jadi suasana salon tersebut kurang nyaman atau kurang menarik baginya. Solusinya orang tua bisa mencari salon baru yang punya suasana yang sesuai dengan anak-anak.

2. Usahakan Pilih Salon Khusus untuk Anak

Salon khusus untuk anak selain berisi perlengkapan untuk menata rambut biasanya dilengkapi dengan desain atau interior yang menarik misalnya gambar kartun tokoh superhero, gambar boneka, dll. Selain itu biasanya juga dilengkapi dengan kursi dengan bentuk khusus seperti motor atau mobil sehingga anak merasa dirinya tidak sedang dicukur melainkan sedang merasa bermain di game station.

Kalau sudah asyik begini, tentu akan jadi lebih mudah untuk mencukur rambut anak, bahkan bisa jadi sang anak justru tidak mau pulang karena terlalu asyik bermain disana.

3. Jangan Terlalu Banyak yang Menemani

Sebaiknya anak cukup ditemani oleh ayah dan ibunya atau salah satunya saja (tergantung anak lebih dekat ke siapa) agar suasana salon juga tidak terlalu ramai. Karena selain bisa mengganggu konsentrasi si tukang cukur, dikhawatirkan mengganggu suasana hati sang anak akibat terlalu ramai dan selain itu dapat juga mengganggu pengunjung atau anak lainnya yang saat itu juga sedang bercukur.

4. Jangan Lupa Bawa Bekal untuk Anak

Bukan tidak mungkin ketika anak lagi anteng-antengnya dicukur tiba-tiba mengeluh lapar atau haus minta susu, bila tidak dituruti bisa jadi mood nya jadi berubah drastis yang berujung pada ngambek atau rewel, padahal proses mencukurnya masih setengah jalan. Kalau sudah rewel, yang ada malah lebih sulit untuk melanjutkan proses cukurnya. Ga mau kan rambut anak pendek sebelah saat pulang dari salon ? 😀

5. Siapkan Baju Cadangan

Saat proses potong rambut, yang namanya anak anak mungkin akan banyak gerak sehingga walaupun tubuh anak sudah dibalut dengan kain besar agar tidak kena potongan rambut yang kecil-kecil tapi tetap saja potongan rambut tersebut bisa masuk atau menempel di baju anak. Bila terjadi hal demikian maka akan menyebabkan rasa gatal-gatal. Solusinya, bila anak mengeluh gatal atau garuk-garuk sebaiknya segera ganti dengan baju cadangan ya bunda agar tidak rewel di jalan dan anak merasa lebih nyaman.

Hal ini penting karena bila setelah cukur anak merasa tidak nyaman, maka akan terekam dalam memorinya kalau cukur itu tidak enak sehingga sulit untuk kedepannya mengajak anak cukur kembali.

Artikel Menarik Lainnya : 10 Model Rambut Anak Laki Laki yang Kekinian

6. Bawa Mainan Anak

Tidak ada salahnya membawa mainan anak ke salon apalagi bila itu mainan faoritnya karena bisa membantu membuat mood anak jadi lebih baik sehingga bisa membantu tukang cukur menata rambut si kecil karena dia asyik dan anteng memainkan mainannya.

7. Bersabar

Karena anak bisa jadi banyak gerak saat dicukur, jelas memerlukan waktu dan usaha ekstra untuk mencukur rambutnya. Biarkan sang tukang cukur menyelesaikan pekerjaannya dengan tenang tanpa terus-terusan kita minta untuk cepat karena hal tersebut bisa mengganggu konsentrasinya, bisa jadi hasil cukuran nya kurang rapih atau bahkan melukai kulit kepala anak karena buru-buru dalam melakukan tugasnya.

Itulah beberapa tips atau saran yang bisa Anda coba agar anak tidak rewel saat cukur rambut yang perlu diperhatikan oleh para orang tua supaya proses cukur dan hasilnya berjalan sesuai rencana, setidaknya bisa meminimalisir terjadinya rewel atau ngambek pada Anak. Selamat Mencoba.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!