Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami – Ada Testimoninya Lho

Duh, gimana ya cara mengatasi rambut rontok parah dan berlebihan secara alami ? kalau begini terus, bisa botak nih. Jangan khawatir, banyak koq cara menghilangkan rambut rontok , namun harus dilakukan dengan tepat, mengingat kesehatan rambut sangat penting untuk diperhatikan karena masih banyak orang yang terkadang menyepelekannya. Baik pria maupun wanita, baik yang berambut lurus maupun keriting, semuanya rentan terhadap berbagai masalah dan kerusakan rambut. Karena itulah, penting untuk kita mengetahui lebih mendalam akan hal ini.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami Cepat

Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting bagi manusia, mengapa demikian? Karena, dengan adanya rambut yang tumbuh di kepala, tentu akan semakin membuat kita terlihat lebih keren atau cantik kan… Apalagi jika rambut yang anda miliki lembut dan mudah diatur, tentunya akan memudahkan kita untuk menatanya. Lalu bagaimana dengan anda yang memiliki masalah rambut rontok ? Nah sebelum membahas lebih jauh, kita kenalan dulu yuk sama beberapa masalah rambut yang sering dijumpai.

Jenis-Jenis Kerusakan Rambut

Jenis Kerusakan Pada Rambut 2

Rambut yang normal tentu bisa mengalami kerusakan, penyebabnya pun bermacam-macam, dan kerusakan tersebut juga bukan hanya satu jenis namun ada beberapa jenis permasalahan pada rambut seperti di bawah ini :

1. Rambut Rontok

Mendengar tentang rambut rontok, tentu yang terbayangkan adalah lepasnya rambut dari kepala. Ya, rambut rontok adalah salah satu masalah rambut yang perlu diwaspadai karena dapat mengurangi rasa percaya diri. Tapi kebanyakan orang malah menganggapnya remeh, padahal jika tidak diatasi akan menimbulkan kebotakan permanen. Rambut rontok terjadi karena rambut kekurangan nutrisi, kekurangan ini bisa saja terjadi karena banyak hal seperti asupan makanan atau gizi, hormon, penggunaan shampo atau bahan kimia seperti obat kemoterapi. Intinya, hal ini harus segera diatasi jika tidak ingin semakin parah.

2. Rambut Berketombe

Ketombe adalah kotoran yang merupakan hasil pengelupasan pada kulit kepala, biasanya saat menggunakan sisir, akan ada bintik-bintik putih yang jatuh. Sebenarnya hal ini normal saja, namun bila sering dan banyak, tentu ada yang salah. Rambut yang berketombe pada dasarnya terjadi karena beberapa hal. Ada yang karena terlampau sering terpapar sinar matahari, terlalu sering keramas, dan bisa juga karena stress.

3. Rambut Bercabang

Rambut bercabang pada umumnya tidak terlalu mengganggu. Tapi tetap saja, ini adalah salah satu tanda bahwa rambut sedang mengalami kerusakan. Ditandai dengan ujung rambut yang membelah dan terbagi menjadi dua. Adanya percabangan rambut ini disebabkan karena seseorang tidak merawat rambutnya dengan benar. Seperti kerusakan rambut kebanyakan, penyebab rambut bercabang biasanya karena kekurangan nutrisi seperti zat besi dan vitamin. Bisa juga karena terlalu sering dicatok serta terkena cahaya matahari yang berlebihan.

4. Rambut Kering

Rambut kering juga merupakan jenis kerusakan rambut yang sering dialami. Tak jarang, karena sudah terlalu sering, sampai-sampai kerusakan ini dianggap normal. Kekeringan pada rambut disebabkan karena adanya terlalu banyak bahan kimia dan juga perlakuan yang salah pada rambut.

Misalnya saja, rambut seharusnya dibiarkan kering secara alami, tapi penggunaan pengering rambut yang terlampau sering malah akan menyebabkannya semakin kering. Maksudnya untuk membuat rambut lembut, tapi ternyata malah bisa merusaknya.

5. Rambut Lepek

Kadar minyak yang berlebih bisa menjadi faktor utama rambut lepek. Ada yang memang diproduksi secara alami oleh rambut, ada juga yang disebabkan oleh penggunaan minyak rambut berlebih. Kerusakan rambut yang satu ini memang sangat mengganggu penampilan. Lepek yang dimaksud adalah kondisi di mana rambut menjadi basah oleh keringat dan juga minyak. Sungguh tak sedap dilihat, tak heran, pemilik rambut lepek menjadi tidak percaya diri dalam beraktivitas.

Itulah beberapa jenis kerusakan rambut yang perlu diketahui, dan kadang tiap orang bisa mengalami lebih dari satu permasalahan pada rambutnya, misal.. sudah rontok, bercabang, eh kering pula. ada yang mengalami hal ini ? Tenang, anda tidak sendirian koq dan ada cara untuk mengatasinya.

Pola Rambut Rontok Wanita dan Pria

Nah kembali ke pembahasan sebelumnya yakni tentang cara mengatasi rambut rontok . Kalau membahas masalah rambut rontok pasti berhubungan langsung dengan penampilan ya, karena tidak bisa dipungkiri bahwa rontoknya rambut akan menimbulkan kebotakan yang akibatnya membuat anda tidak pede. Tidak hanya bagi kaum hawa, ternyata para pria juga merasakan hal yang sama jika sudah menyangkut masalah rambut rontok. Akan tetapi tahukah anda bahwa pola rambut rontok pada laki laki dan perempuan itu berbeda, bedanya terlihat dari pola kerontokannnya.

Perbedaan Pola Rambut Rontok Pada Pria dan Wanita

Kerontokan Rambut Pada pria

Bagi anda para pria yang sudah berusia 20 tahun ke atas, ada baiknya jika memeriksa kondisi jidat atau kening masing-masing, karena jika kening anda terlihat lebih lebar, itu bisa jadi tanda rambut anda mulai rontok.

Bandingkan foto yang anda ambil beberapa bulan atau tahun lalu dengan foto yang baru-baru ini diambil, jika terlihat perbedaan yang cukup mencolok di bagian dahi yang terlihat lebih lebar, sepertinya anda mulai mengalami masalah kebotakan, sehingga sangat penting bagi anda para pria untuk segera melakukan pencegahan atau perawatan rambut rontok agar kerontokan rambut tidak semakin parah.

Pola Rambut Rontok Pada Pria dan Wanita

Selain itu, ternyata pada kaum pria pola kerontokan rambut juga bisa dimulai dari tengah (ubun ubun), lalu meluas ke bagian depan dan samping seperti gambar berikut :

Pola Kerontokan Rambut Pria Dari Bagian Tengah

Kerontokan Rambut Pada Wanita

Wanita secara umum jarang mengalami kebotakan, namun tetap saja kerontokan rambut tak dapat dihindari. Kalau pada pria, kerotokan dimulai dari kening sedangkan pada wanita polanya dimulai dari bagian belahan rambut, biasanya pada tengah-tengah rambut, setelah itu akan mengarah ke luar.

Gejala dan Penyebab Rambut Rontok pada Pria dan Wanita

Berbicara mengenai gejala, rambut rontok dimulai dari adanya helai-helai rambut yang mulai terlepas. Lama-kelamaan, kuantitasnya akan semakin bertambah, baik disadari maupun tidak. Kebanyakan, setelah mulai tinggi intensitasnya, barulah orang akan sadar. Tapi, sebelumnya harus diketahui dulu apa penyebab rambut rontok yang sebenarnya sehingga bisa dihindari sebagai langkah pencegahan, dan berikut penyebab rambut rontok berlebihan dan parah :

1. Shampo

Pemilihan shampo merupakan hal yang penting bagi rambut. Karena jika tidak, shampo bisa menyebabkan kerontokan, apalagi bagi wanita berjilbab. Shampo pada dasarnya berfungsi sebagai pembersih rambut, saat keramas rambut akan dibersihkan dari berbagai kotoran. Namun, ada shampo yang tidak cocok digunakan bagi jenis rambut tertentu, dan hal itu selain bisa menyebabkan kerontokan juga menyebabkan kemunculan uban. Jadi, jangan sampai salah pilih shampo ya.

2. Penyakit

Penyakit Tertentu Sebabkan Rambut Rontok 1

Adanya penyakit tertentu pada tubuh bisa membuat rambut menjadi rontok, misal pada penderita penyakit anemia dan lupus. Pada penderita lupus, kondisi medis dan berbagai jenis perawatan yang dijalani bisa menyebabkan kerontokan, karena penyakit ini memang menyerang kulit yang dekat dengan folikel rambut. Tak jarang, jika pengobatan penyakit ini berlangsung lama maka akan menyebabkan kebotakan bagi si penderita.

3. Setelah Melahirkan

Umumnya, selama proses kehamilan, faktor hormonal akan membuat rambut tumbuh lebih banyak. Lalu setelah melahirkan, rambut akan memasuki tahap istirahat. Tahap ini adalah tahap di mana rambut akan berada di dalam folikel, Nah, tahapan ini akan usai setelah melahirkan. Umumnya selang tiga sampai enam bulan kemudian rambut akan mulai rontok sebagai tanda berakhirnya tahap istirahat tadi. Itulah yang sesungguhnya menjadi penyebab kerontokan rambut pada ibu setelah melahirkan.

4. Stress atau Tekanan Psikologis

Stres Penyebab Rambut Rontok Berlebihan

Bagaimana logikanya sehingga stress dapat menyebabkan kerontokan rambut ? Sebenarnya sangat sederhana. Semua yang terjadi pada tubuh manusia ditentukan oleh otak. Saat mengalami stres, otot syaraf pada kepala akan menegang. Otak akan semakin bekerja keras. Nah, karena syaraf di kepala menegang, maka akar syaraf rambut malah semakin melemah. Saat itulah terjadi proses kerontokan rambut.

Jadi, tekanan psikologis tak bisa diremehkan. Terbukti, hal tersebut sampai bisa menyebabkan rambut menjadi rontok. Jadi, salah satu cara mencegah rambut rontok hindarilah stress yang berlebihan dan berkepanjangan.

5. Hormon

Bisa dikatakan bahwa penyebab terbesar pada kerontokan rambut adalah faktor hormon. Pada pria, pengaruhnya bisa mencapai 70%, dan pada wanita hingga 40%. Faktor ini didapatkan karena keturunan. Hormon penyebab kerontokan ini salah satunya adalah hormon Alopesia Androgenetik. Biasanya, saat terjadi gangguan pada hormon itu, maka kerontokan pun terjadi.

6. Bahan Kimia pada Pewarna Rambut

Bagaimanapun juga, bahan kimia adalah bahan yang dianggap asing oleh rambut. Pada pewarna rambut pun demikian. Tak sedikit orang yang mengalami kerontokan karena terlalu sering bergonta ganti warna rambut di salon. Padahal pewarna rambut dapat merusak bagian poros rambut, hal inilah yang menyebabkannya rontok. Memang tidak secara permanen, namun jika digunakan untuk jangka panjang, bukan tak mungkin akan menjadi semakin parah dan bahkan bisa menyebabkan kanker.

7.  Gizi

Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan karena Kurang Vitamin 1

Gizi yang terdapat pada makanan, juga mempengaruhi kesehatan rambut. Rambut yang tak mendapat nutrisi cukup, akan mengalami kerusakan, misalnya kerontokan. Kerontokan ini terjadi karena kurangnya beberapa vitamin penting, seperti vitamin A, vitamin B5, vitamin B12, dan vitamin E. Selain itu juga ada beberapa zat lain yang tak kalah penting, yaitu zinc, kolin, dan asam folat. Asam folat ini terdapat pada beberapa makanan kaya gizi, seperti jeruk, daging, dan hati ayam.

8. Alat Penata Rambut

Secara logika, alat penata rambut seperti hairdryer dan catok mengeluarkan udara panas. Fungsinya memang sangat praktis, yaitu untuk mengeringkan dan meluruskan rambut. Tapi bayangkan jika pemakaiannya secara terus-menerus setiap hari. Terlebih pada proses rebonding yang memerlukan penyatokan berulang-ulang.

Penggunaan alatnya yang langsung menempel pada rambut, membuat rambut menjadi kering dan patah. Proses ini juga menyebabkan kerusakan pada rambut, sehingga membuatnya rontok. Kerontokan ini malah bisa disertai dengan rambut bercabang, akar rambut akan patah dan rontok secara permanen.

Artikel Menarik Lainnya : Menghilangkan Rambut Bercabang Tanpa di Potong

9. Sinar Matahari

Sinar Matahari Menyebabkan Kerontokan

Rambut memiliki zat bernama keratin yang berfungsi untuk menjaga kilau dan kesehatan rambut. Keratin ini berupa protein rambut dan akan berkurang bila terlalu lama terkena sinar matahari. Bila berkurang, rambut akan rontok. Sinar matahari yang dimaksud adalah sinar matahari pada siang hari, makanya tak jarang ketika beraktivitas di luar ruangan, rambut lama-kelamaan akan menjadi agak kekuningan karena kilau hitam alaminya telah hilang.

10. Cara Mengikat Rambut

Khususnya pada wanita berambut panjang, hal ini menjadi penyebab kerontokan yang sering terlupakan. Tak jarang ketika sedang beraktifitas, perempuan akan mengikat rambutnya. Hal ini boleh saja jika hanya sekali-sekali. Namun jika sudah sangat sering, dan diikat dengan keras, maka rambut akan patah. Patahnya rambut ini adalah bentuk kerontokan rambut. Malah, mengikat rambut terlalu keras bisa juga mengakibatkan efek samping seperti sakit kepala.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami , Hemat dan Ampuh

Ketika rambut terlanjur rontok karena berbagai penyebab di atas, tentu yang bisa dilakukan adalah mengatasinya. Berikut ada berbagai perawatan atau cara mengatasi rambut rontok secara alami yang bisa dicoba :

1. Plain Yoghurt

Cara Merawat Rambut Rontok dengan Yogurt 1

Salah satu metode atau cara mengatasi rambut rontok adalah dengan yoghurt tawar (plain yoghurt). Sebagai salah satu olahan dari susu, yoghurt memiliki kandungan nutrisi yang sangat berguna bagi kesehatan rambut, caranya cukup mudah :

  • siapkan yoghurt secukupnya, boleh ditambahkan 1 sendok makan madu
  • oleskan dengan merata pada rambut sembari dipijat dengan lembut
  • diamkan sekitar 30 menit sampai 45 menit lalu bilas hingga bersih
  • lakukan perawatan tersebut kurang lebih 2 hingga 3 kali dalam seminggu

2. Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin A dan C

Apa ya vitamin untuk rambut rontok ? ini dia, Vitamin A dan C dikenal juga sebagai penyubur dan penumbuh rambut yang alami karena ( dikutip dari livestrong ) kedua vitamin tersebut bisa atau bermanfaat sebagai salah satu cara mengatasi rambut rontok serta meningkatkan atau mempercepat pertumbuhan rambut. Salah satu nya terdapat pada bayam dan wortel. Untuk itu, kamu bisa kombinasikan kedua bahan tersebut dengan bahan lainnya agar tidak jenuh memakannya. Tapi jangan hanya bayam dan wortel saja ya, masih banyak koq makanan lain yang mengandung vitamin tersebut yang bisa dimanfaatkan sebagai cara mengurangi rambut rontok yang alami

3. Masker dari Putih Telur

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Putih Telur

Putih telur memang berbau amis, tapi ampuh lho sebagai obat rambut rontok alami karena kandungan vitamin didalamnya. Caranya :

  • sediakan telur secukupnya, ambil putihnya saja ya
  • campurkan dengan 1 sendok makan minyak zaitun dan 1 sendok makan madu
  • balurkan dengan merata ke rambut
  • biarkan lebih kurang 15- 20 menit, lalu bilas dengan shampo hingga bersih

Tapi kalau Anda ternyata tidak tahan dengan aroma amisnya, tenang saja masih ada cara mengatasi rambut rontok secara alami berikutnya koq 😀

4. Minyak Zaitun – EVOO

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Minyak Zaitun EVOO 1

Cara mengobati rambut rontok dan kering selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Cara ini merupakan salah satu cara menghilangkan rambut rontok pada pria atau wanita yang ampuh. Caranya :

  • Sediakan minyak zaitun dengan jenis Extra Virgin Olive Oil atau EVOO (bisa dibeli di supermarket besar), karena minyak jenis ini (EVOO) dibuat dengan teknologi coldpress atau perasan pertama sehingga kandungan nutrisinya masih banyak
  • Tuang ke mangkok atau gelas secukupnya, oles merata pada rambut hingga kulit kepala
  • Boleh sambil dipijat lembut agar lebih meresap
  • Agar hasilnya lebih maksimal, diamkan semalaman (boleh pakai handuk untuk membalut kepala)
  • Setelah bangun pagi, silahkan bilas dengan shampo

Note : sebaiknya dipakai sebelum tidur malam

5. Santan kelapa

Santan Kelapa Mengatasi Rambut Rontok Alami

Cara mengatasi rambut rontok berlebihan lainnya adalah dengan memanfaatkan santan kelapa. Mengapa santan ? Karena santan kelapa mengandung banyak zat yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang rambut yakni zat besi, vitamin B, protein dan mineral lainnya. Memang jika menggunakan santan, rambut rasanya jadi lengket karena minyak yang melimpah pada santan akan memberi efek lengket yang tidak nyaman, akan tetapi jika dilihat dari khasiatnya yang mampu mengobati rambut rontok parah sekalipun, pasti anda akan rela menggunakannya meski terasa lengket.

Anda tidak perlu khawatir karena tidak butuh waktu, hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja, maka anda bisa merasakan hasil yang maksimal dari penggunaan santan kelapa pada kesehatan rambut anda. Oleskan santan kelapa segar merata pada rambut hingga kulit kepala, diamkan sekitar 30 menit, lalu bisa dibilas dengan shampo hingga rasa lengketnya hilang dan bersih.

6. Perhatikan kebersihan sisir

Cara dan tips merawat rambut rontok berikutnya adalah penggunaan sisir. Salah satu kegiatan sehari-hari yang dilakukan setiap orang adalah menyisir rambut, oleh karena itu hindari menggunakan sisir yang kotor atau jarang dibersihkan karena membuat rambut jadi rentan terhadap kerusakan, karena menyebabkan pori pori pada kulit kepala bisa tersumbat akibat kotoran yang pindah dari sisir ke rambut anda dan menumpuk disana, selain itu hindari juga saling meminjam sisir ya.

7. Lidah Buaya

Bahan selanjutnya yang bisa jadi cara mengurangi atau menghilangkan rambut rontok adalah lidah buaya. Pasti anda tidak asing lagi bahwa tanaman dengan nama latin aloe vera ini mampu menjadi teman akrab bagi rambut. Pemakaian lidah buaya secara teratur mampu membuat rambut menjadi kuat dan lebih lebat, setiap helai akan lebih kokoh sehingga akan sulit rontok. Selain itu, lidah buaya juga menjadi obat ampuh untuk mengatasi kerontokan rambut pada anak-anak karena tekstur bagian dalamnya yang lembut dan dingin, sehingga sangat cocok bagi si kecil yang memiliki masalah pertumbuhan rambut yang lambat. Caranya mudah sekali :

  • Ambil daun lidah buaya lalu ambil bagian dalamnya saja
  • Oles secara merata pada rambut lalu biarkan sekitar 20 menit
  • Bilas sampai bersih dengan air dingin biasa (bukan air es ya)

8. Jeruk Nipis

Cara Menghilangkan Rambut Rontok Dengan Jeruk Nipis 1

Selain bermanfaat untuk obat batuk alami, jeruk nipis juga bisa digunakan sebagai salah satu cara mengatasi rambut rontok dan berketombe. Caranya juga mudah :

  • siapkan beberapa jeruk nipis, lalu iris jadi beberapa bagian
  • oleskan irisan jeruk nipis tersebut merata pada rambut
  • diamkan lebih kurang 20 menit, lalu bilas hingga bersih

9. Jus Bawang Merah

What… Jus bawah merah ? serius nih ?? ga nyangka kan kalau bawang merah bisa digunakan sebagai cara alami mengatasi rambut rontok yang ampuh , cara ini terbilang unik tapi berkhasiat loh.. tapi caranya bukan diminum ya, cukup dioleskan saja pada kulit kepala. Dan hebatnya, berdasarkan penelitian di tahun 2002, orang yang rutin memakai jus bawang merah 2x sehari dalam waktu 1 bulan, sebanyak 74% mengalami peningkatan pertumbuhan rambut yang signifikan. So, inilah cara memanjangkan rambut secara alami dan cepat. Berani coba ?

10. Minyak Kemiri

Cara yang satu ini sepertinya sudah tidak perlu diragukan lagi keampuhan dan khasiatnya. Yup, menggunakan minyak kemiri sebagai cara alami dan cepat mengatasi rambut rontok sudah dikenal sejak dulu, apalagi bahan ini adalah bahan yang mudah didapatkan. Minyak kemiri adalah minyak yang berasal dari biji kemiri. Sebagai bumbu dapur, khasiat kemiri tidak hanya bagi rambut rontok, tapi juga sebagai cara menebalkan rambut yang alami.

Mengandung hingga 65% kandungan minyak, kemiri memberikan efek positif bila dioleskan pada rambut rontok. Cara memakainya pun sangat mudah. Oleskan saja secara merata pada rambut dan kulit kepala, kira-kira setengah hingga satu jam. Setelah itu bilaslah. Lakukan secara rutin demi mendapat hasil terbaik.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah dengan Minyak Kemiri 1

Mau buat minyak kemiri sendiri ? mudah koq, simak di Cara Membuat Minyak Kemiri . Tapi, kalau anda tidak ada waktu & tidak mau repot, anda bisa pakai minyak kemiri asli siap pakai yang sudah teruji keampuhannya untuk digunakan sebagai cara mengatasi rambut rontok dan melembutkan rambut kering (banyak lho testimoni nya), harga terjangkau, dibuat dengan teknologi coldpress, dan ada nomor Depkes – PIRT. Berikut sebagian testimoni yang sudah menggunakan minyak ini :

Testimoni Menghilangkan Rambut Rontok Secara Alami - Donna

Testimoni Kukui Cara Mengatasi Rambut Rontok - Dwi Rahayu Jogja

Testimoni Cara Menghilangkan Rambut Rontok by Selvy

Silahkan klik : Obat Rambut Rontok Alami untuk mendapatkannya dan melihat testimoni lainnya.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi rambut rontok secara alami pada pria dan wanita yang bisa dicoba dirumah, silahkan pilih yang menurut anda paling mudah dan memungkinkan. Dan yang paling penting juga, harus rutin dan telaten ya agar hasilnya lebih optimal dan jangan lupa hindari berbagai macam hal yang menyebabkan rambut rusak parah dan rontok . Selamat mencoba ya.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!