4 Kebiasaan di Malam Hari yang Bikin Rambut Rusak Parah

Sebagian besar orang sepertinya akan setuju dengan istilah rambut adalah mahkota, karena hal ini erat hubungannya dengan penampilan baik untuk pria maupun wanita. Karena fungsinya yang sebagai mahkota inilah maka banyak orang melakukan perawatan demi memiliki rambut yang indah, kuat dan tentu saja sehat. Perawatan ini pun terdiri dari berbagai jenis, mulai dari hair cut, hair mask, creambath, smoothing, dan berbagai macam perawatan lainnya dengan harga yang bervariasi agar bisa tampil maksimal dengan rambut yang oke.

4 Kebiasaan di Malam Hari yang Bikin Rambut Rusak

Selain itu, merawat rambut bisa dilakukan baik di salon ataupun di rumah yang masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun dimanapun perawatan rambut yang Anda pilih pastikan Anda tetap menjaga rambut Anda setelah selesai perawatan ya. Karena sangat disayangkan kalau sudah perawatan ternyata hasilnya tidak dijaga dengan baik.

Nah, untuk menjaga hasil perawatan rambut yang sudah Anda lakukan, baik itu dilakukan sendiri di rumah ataupun ke salon, sebaiknya hindari beberapa hal atau kebiasaan yang mungkin secara tidak sadar sering Anda lakukan saat malam hari yakni pada saat sebelum tidur. Apa saja ya keempat hal tersebut, berikut ulasannya.

1. Malas Ganti Sarung Bantal & Sprei

Sarung bantal atau sprei yang tidak rutin diganti jelas akan menjadi salah satu sumber penyebab penyakit, tidak hanya bagi kesehatan tubuh tapi juga bagi kesehatan rambut serta kulit kepala. Beberapa penyakit yang bisa timbul akibat malas mengganti sprei dan sarung bantal diantaranya adalah alergi, jerawat, gatal di kulit kepala, ketombe serta tidak luput juga berbagai penyakit kulit lainnya. Munculnya penyakit-penyakit ini disebabkan karena menumpuknya kotoran, bekas keringat, debu, kutu, tungau, dan bakteri akibat jarangnya mengganti sprei dan sarung bantal.

2. Tidur Saat Rambut Masih Basah

Ketika malam, saat kembali dari beraktifitas baik itu kerja, kuliah, ataupun hangout bareng teman, terkadang tubuh merasa gerah dan ingin segera mandi untuk menyegarkan badan baik itu dengan air hangat ataupun air dingin. Selain itu tidak jarang karena kulit kepala terasa gatal atau rambut terasa kotor maka juga melakukan keramas. Namun, karena sudah terlalu lelah terkadang timbul rasa malas untuk mengeringkan rambut sehingga akhirnya tertidur saat rambut masih belum kering sepenuhnya.

Hal ini sebenarnya dapat merusak rambut, karena tidur saat rambut dalam keadaan masih basah dapat membuat rambut jadi rapuh sehingga berakibat mudah mengalami kerontokan, infeksi, jamur, ketombe dan gatal di kulit kepala akibat terjadinya kelembaban yang berlebih pada kepala.

3. Mengikat Rambut

Salah satu yang menyebabkan kerusakan pada rambut adalah mengikat rambut, apalagi bila dilakukan dengan kencang dan dalam jangka waktu yang lama. Pada saat tidur sebaiknya “istirahatkan” rambut Anda, karena dengan mengikatnya akan membuat akar rambut jadi gampang rapuh dan bisa menyebabkan kerontokan yang cukup parah.

4. Malas Menyisir Rambut

Tidak sedikit orang yang enggan menyisir rambutnya sebelum tidur karena beranggapan untuk apa di sisir karena tidak ada aktifitas lain yang akan dilakukan dan juga saat bangun tidur pun, rambut tetap akan acak-acakan. Tapi, dengan menyisir rambut sebelum tidur, justru bisa meminimalisir supaya rambut tidak menjadi lebih kusut dan bercabang, apalagi bila Anda memiliki rambut yang panjang.

Baca juga : 5 Keajaiban Sisir Kayu yang Belum Anda Tahu

Itulah beberapa kebiasaan yang biasanya kerap dilakukan sebelum tidur yang justru bisa membuat rambut menjadi rusak. So, hindarinya hal-hal tersebut ya agar perawatan rambut yang sudah Anda lakukan selama ini tidak sia-sia karena sering melakukan hal diatas sebelum tidur.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!