9 Penyebab Ketombe Membandel yang Tidak Disadari

Apa aja ya penyebab ketombe membandel dan parah ? duh, bikin bete deh kalau ketombe susah hilangnya. Setiap orang pasti ingin rambutnya senantiasa bersih dan berkilau, tapi sayangnya salah satu masalah rambut yang berupa serpihan putih alias ketombe bisa menjangkiti siapa saja. Rambut berketombe memang menyebalkan karena akan membuat penderitanya jadi tidak bebas dalam memilih busana, apalagi busana yang berwarna sedikit gelap. Untuk itu, yuk kita cari tahu penyebab ketombe yang mungkin tidak kamu sadari.

9 Penyebab Ketombe Membandel yang Tidak Disadari

Beberapa Penyebab Ketombe Membandel dan Menyebalkan

1. Suka Makan Makanan Manis

Berlebihnya atau meningkatnya zat gula di dalam darah ternyata salah satu penyebab ketombe lho, dan ga hanya itu aja, ternyata gula juga mampu menstimulus tumbuhnya ragi candida yang membuat kulit kepalamu penuh dengan serpihan berwarna putih yang pipih. Selain itu, kelebihan gula dalam tubuh juga memperlambat tugas dari Vitamin B yang manfaatnya banyak bagi kesehatan tubuh mu. So, kurangi makanan yang manis-manis ya.

2. Malas Menyisir Rambut

Menyisir rambut ternyata bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit kepala, karena rutin atau rajin menyisir rambut justru menstimulus terjadinya minyak alami yang ada dikulit kepala, dan minyak inilah yang membuat kulit kepala jadi lembab sehingga tidak mudah berketombe, jadi jangan malas untuk menyisir rambut ya.

3. Diet Berlebihan

Setiap orang pasti ingin punya tubuh yang proporsional antara berat dan tinggi badannya, sehingga untuk mencapai hal tersebut terkadang sampai mati-matian diet. Diet boleh-boleh saja, tapi asupan nutrisi pada tubuh juga tetap harus terjaga, jangan sampai dietnya sih sukses tapi malah sakit-sakitan. Salah satu vitamin yang penting bagi tubuh kita adalah vitamin B, nah kekurangan vitamin ini ternyata bisa menjadi salah satu penyebab ketombe membandel . Jadi kalau kamu diet tapi malah berketombe, berarti menu atau nutrisi dietmu bermasalah.

4. Penyakit Kulit Tertentu

Ada beberapa penyakit kulit tertentu yang bisa menyebabkan ketombe, untuk mereka yang memiliki penyakit seperti psoriasis, eksim atau infeksi kulit parah justru akan membuat ketombe semakin menjadi-jadi karena penyakit-penyakit tersebut membuat sel kulit mati jadi kian menumpuk, dan bila tidak segera diatasi atau diobati akan membuat ketombe makin parah atau membandel

5. Ragi di Kulit Kepala

Ragi yang satu ini bukanlah ragi yang dicampurkan sebagai bahan untuk membuat kue atau roti melainkan ragi yang memang muncul di kulit kepala yang bila tidak terkontrol pertumbuhannya maka akan menjadi ketombe

6. Keringnya Kulit Kepala

Inilah penyebab ketombe yang paling sering terjadi, disebabkan karena kurang lembabnya kulit kepala. Ciri khas ketombe karena kulit kepala yang kering adalah berupa serpihan kecil yang tidak berminyak.

7. Jarang Cuci Rambut

Salah satu penyebab rambut berketombe adalah menumpuknya kotoran , sel kulit mati dan minyak pada kulit kepala, bila dibiarkan atau didiamkan terus-menerus tentu akan menyebabkan masalah pada rambut atau kulit kepala yang salah satunya adalah ketombe. Rajin mencuci rambut bisa mengatasi hal tersebut karena dengan rutin mencuci rambut terlebih dengan shampo membuat kulit kepala lebih bersih dan sehat.

8. Malassezia

Salah satu jenis jamur penyebab ketombe pada kulit kepala adalah Malassezia. Bila jarang membersihkan rambut (misal keramas) maka bukan tidak mungkin pertumbuhan jamur ini akan semakin banyak, tidak hanya menyebabkan ketombe tapi juga menyebabkan iritasi pada kulit kepala. Rutin keramas baik, tapi bila dilakukan setiap hari malah akan menyebabkan rambut menjadi kering, jadi sewajarnya saja, seminggu 1x-2x keramas sudah cukup koq untuk menjaga kesehatan dan kebersihan rambut.

9. Produk untuk Perawatan Rambut

Sah-sah saja melakukan perawatan untuk menjaga keindahan dan merawat rambut mu, tapi tetap harus diperhatikan komposisi atau jenis bahan yang dipakai untuk melakukan treatment tersebut. Selain itu jangan terlalu sering keramas atau mewarnai rambut dengan bahan yang diragukan keamanannya, karena bisa berisiko memperparah kondisi rambut dan menyebabkan ketombe.

Nah, untuk anda yang saat ini sedang mengalami masalah ketombe, ada beberapa cara untuk mengatasinya. Anda pun bisa membaca salah satu artikel kami cara menghilangkan ketombe secara praktis sebagai referensi untuk atasi masalah ketombe parah serta membandel. Mengatasi ketombe akan lebih tepat bila diketahui terlebih dahulu apa penyebab ketombe membandel tersebut, apakah memerlukan obat-obatan khusus atau cukup dengan bahan-bahan alami disekitar rumah sehingga selain lebih aman juga menghemat pengeluaran.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!