6 Hal Sepele Penyebab Rambut Berminyak dan Rusak

Rambut sehat tentu menjadi dambaan setiap orang, tapi sayangnya tidak semua orang bisa memiliki rambut yang lembut, indah, dan kuat. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan masalah pada rambut, namun tidak jarang penyebabnya ternyata hal-hal yang sebenarnya sepele yang tidak sadar dilakukan sehari-hari. Nah, salah satu permasalahan pada rambut yang sering membuat tidak nyaman adalah rambut berminyak, hal ini jelas sangat mengganggu karena membuat rambut jadi terasa lepek. Lalu apa saja penyebab rambut berminyak ?

6 Hal Penyebab Rambut Berminyak dan Lepek

Penyebab Rambut Berminyak dan Rusak yang Kerap dianggap Sepele

1. Sisir Kotor

Seberapa sering Anda membersihkan sisir ? seminggu sekali, 2 minggu sekali, sebulan sekali, atau bahkan tidak pernah ? đŸ˜€

Jarang atau bahkan tidak pernah membersihkan sisir bisa menyebabkan munculnya masalah pada rambut dan kulit kepala. Diantaranya adalah ketombe yang parah dan rambut lepek karena minyak berlebih yang disebabkan oleh kotornya sisir. Kenapa hal tersebut bisa terjadi ? karena kotoran pada sisir biasanya disebabkan oleh sel kulit mati yang menumpuk dan debu yang menempel di rambut. Ketika menggunakan sisir yang kotor, maka kotoran yang terdapat pada sisir akan menutup atau menyumbat pori-pori dikulit kepala sehingga tidak jarang kulit kepala juga menjadi gatal.

2. Sering Menyentuh Rambut

Sering atau punya kebiasaan menyentuh rambut berulang kali ? mulai saat ini sebaiknya kurangi atau bahkan hindari hal tersebut, karena bisa membuat rambut kotor atau semakin berminyak lho. Saat tangan menyentuh rambut, kita tidak tahu sudah berapa banyak bakteri, virus atau kotoran yang menempel pada tangan, apalagi jika Anda habis memakai fasilitas umum seperti toilet, maka segala macam kotoran tersebut akan pindah ke rambut.

So, hindari ya kebiasaan terlampau sering menyentuh rambutmu, kalaupun terpaksa sebaiknya cuci tangan dulu.

3. Sering Menyisir

Salah satu penyebab rambut berminyak atau lepek terus menerus adalah sering menyisir. Hal ini terjadi karena dengan sering menyisir maka akan membuat kelenjar minyak memproduksi minyak dengan berlebihan. Selain itu, dengan terlalu sering menyisir juga bisa membuat rambut jadi gampang rontok.  Baca juga : Cara Menghilangkan Ketombe dan Rambut Rontok (Ada Testimoni)

4. Memakai Dry Shampoo Berlebihan

Dry shampo adalah solusi keramas tanpa perlu air atau dibilas, sangat praktis hanya perlu disemprotkan saja dan biasanya digunakan oleh mereka yang mengalami masalah rambut lepek atau berminyak. Meskipun cara pemakaiannya sangat mudah, tapi sebaiknya jangan dipakai setiap hari, cukup 1 atau 2 kali saja dalam sepekan karena keramas menggunakan shampo cair tetap lebih baik. Terlalu sering memakai dry shampo akan membuat kulit pada bagian kepala jadi tersumbat pori-porinya karena menumpuknya bahan kimia yang terkandung dalam shampo ini, apalagi penggunaannya tidak memerlukan air untuk membilas. Sehingga bila terlalu sering akan membuat kulit kepala akan terasa berminyak dan lengket.

5. Sering Keramas

Keramas bisa menjadi salah satu solusi atau tips merawat rambut yang berguna untuk mengatasi kulit kepala yang berminyak atau lepek. Tapi bila keramas dilakukan setiap hari sebenarnya juga tidak baik karena bisa membuat rambut jadi makin lepek. Saat kulit kepala kering, kelenjar yang terdapat pada kulit kepala akan bekerja lebih agar produksi minyak jadi semakin banyak, akibatnya rambut jadi makin terasa berminyak

Bagi Anda yang menggunakan kondisioner untuk melembabkan rambut yang kering, jangan salah ya cara memakainya, sebaiknya mengoleskannya secara merata dari kepala bagian tengah ke bagian ujung rambut, tapi jangan mengenai kulit kepala dan akar rambut. Dan jangan pakai kondisioner berlebihan, secukupnya saja ya.

6. Asal Ketika Memilih Shampo

Bila salah atau asal saja saat memilih shampo, maka sangat berpotensi untuk merusak rambut karena bahan tiap-tiap shampo bisa jadi berbeda. Shampo untuk rambut berminyak bisa jadi memiliki bahan yang berbeda untuk rambut rontok, kering atau berketombe. Jadi cermatlah dalam memilih shampo yang tepat untuk mengatasi permasalahan rambut Anda.

Itu tadi 6 hal yang tanpak sepele yang justru bisa jadi penyebab rambut berminyak atau rusak. Berusahalah menghindari hal-hal tersebut agar kesehatan rambut dan kulit kepala tetap terjaga karena rambut adalah mahkota yang harus dirawat dan dijaga kesehatan serta kebersihannya.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!