Sering Diremehkan, 4 Penyakit ini Bisa Menular Lewat Sisir

Banyak gangguan kesehatan yang bisa dialami oleh tubuh kita, mulai dari yang skala ringan sampai dengan yang berat, mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Sakit perut, sesak nafas, migrain, rambut rontok, gangguan jantung, pengapuran tulang adalah beberapa diantaranya.  Seperti bagian tubuh lainnya, kulit kepala dan rambut pun tak luput dari masalah kesehatan, tapi sayangnya terkadang gangguan kesehatan yang muncul di bagian ini kerap dipandang sebelah mata, padahal bisa saja itu merupakan gejala dari penyakit yang berat.

Terkait dengan gangguan kesehatan yang dialami oleh rambut dan kulit kepala, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan hal tersebut,  misalnya tidak cocok dengan jenis shampo tertentu, kerap ganti warna rambut, sering dicatok, sering terkena sinar matari secara langsung dalam waktu yang lama, dan termasuk diantaranya menggunakan sering sisir bergantian dengan orang lain.

Sisir sebenarnya termasuk dalam benda yang penggunaannya bersifat pribadi seperti halnya sikat gigi, deodoran atau handuk, karena penggunaan sisir bergantian dengan orang lain bisa menimbulkan resiko penyakit di bagian kepala atau rambut. Nah, apa saja ya penyakit yang bisa menular lewat penggunaan sisir secara bergantian ini ? berikut ulasannya.

1. Penyakit Kudis

Penyakit ini tidak hanya menjangkiti kulit bagian tubuh seperti tangan atau kaki, namun juga bisa timbul di kulit kepala. Gejalanya ditandai dengan adanya bintik-bintik yang berwarna merah seperti ruam dan terasa gatal. Penyakit ini disebakan oleh tungau berukuran kecil yang hidup di kulit kepala dan juga bertelur di area tersebut. Jadi, kalau ada yang meminjam sisir dan orang tersebut memiliki telur tungau di kulit kepalanya maka bisa menempel di sisir dan menularkan ke pengguna sisir yang berikutnya. Hii, serem kan…

2. Penyakit Kutil

Kutil pada umumnya muncul di bagian kaki atau tangan, namun penyakit yang disebabkan oleh virus HPV (Human Papilloma Virus) ini ternyata juga bisa menyebabkan kutil dibagian tubuh yang lain seperti organ intim dan kulit kepala baik pria maupun wanita. Penularan virus ini pun terbilang mudah, yakni cukup dengan sentuhan langsung pada kulit yang muncul kutil akibat terkena virus ini apalagi jika kondisi badan sedang tidak fit.

3. Impetigo

Impetigo adalah sejenis penyakit kulit yang biasanya dialami oleh anak-anak dan bisa menular. Penyakit yan disebakan oleh bakteri ini gejalanya adalah muncul bintik merah kecil di bagian muka, tangan dan kepala serta terasa gatal. Bila kondisi makin parah maka akan timbul nanah dan kerak dengan warna coklat kekuningan seperti koreng atau borok. Bila sisir terkena nanah atau cairan luka dari penderita impatigo, maka bukan tidak mungkin akan menularkan kepada pengguna sisir yang lain.

Info Menarik Lainnya : Keajaiban Sisir Kayu yang Kamu Belum Tahu

4. Kutu Rambut

Sering memakai sisir secara bergantian juga bisa menyebabkan timbulnya kutu rambut. Telur kutu dari satu orang bisa dengan mudah berpindah ke orang lain yang menggunakan sisir yang sama. Cirinya adalah kulit kepala terasa sangat gatal dan bila diamati dengan seksama akan terlihat butiran dengan warna putih menempel pada pangkal rambut, itulah telur kutu. Untuk itu, sebaiknya segera ke dokter spesialis kulit ya bila mengalami hal ini agar bisa diberikan penanganan yang tepat karena bukan hal mudah untuk menghilangkan kutu rambut kalau dilakukan sendiri.

Itu tadi beberapa jenis penyakit yang bisa disebabkan dari aktivitas pinjam meminjam sisir, jadi sebisa mungkin hindari ya hal tersebut demi kesehatan diri kamu.

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!